Ulasan Video Kompetisi Yubelium 200th SPM

 

Dalam rangka Jubelium 200 Tahun Perkumpulan Dharmaputri, Yayasan PDp atau Perkumpulan Dharmaputri mengadakan serta menyelenggarakan serangkaian misa dan doa religius beserta beragam lomba. Salah satunya adalah lomba dance group. SMPK Santa Maria II Malang telah mengirimkan perwakilan untuk lomba dance SMP Jubelium 200 Tahun PDP.

Berikut adalah apresiasi beserta kritik saya, yang saya publikasikan  tanpa paksaan dari pihak manapun, serta tidak dimaksudkan untuk menjatuhkan pihak manapun.

 

SINEMATOGRAFI

Saya menyayangkan, pada awal-awal video atau detik-detik pertama sebelum dance dimulai, komposisi sinematis tidak berasio 21:9, melainkan menggunakan rasio 16:9. Shooting video juga masih overall kurang stabil, dan masih terasa goncangan atau shake dari instabilitas video. Saya menyarankan untuk menggunakan gimbal atau tripod untuk shooting cinematic, atau menggunakan digital warp stabilizer yang disediakan di Adobe Premiere Pro. Tak hanya itu, rasio 21:9 juga lebih cocok untuk komposisi sinematis.  Kadang-kadang, kamera juga kesusahan untuk memfokuskan pada objek utama atau elemen utama dari video.

 

COLOR GRADING

Saya sudah cukup puas dengan warna yang dihasilkan oleh kamera, akan tetapi akan lebih baik apabila warna dibuat lebih vivid dan vibrant, yang membuat warna dan elemen di video menjadi lebih terlihat.

 

DANCE

Saya sendiri bukan merupakan coach atau ahli dance, akan tetapi saya juga sudah puas dan senang dengan koreografi dance SMPK Santa Maria II Malang.

 

Post a Comment

0 Comments